Most Popular


Membeli Alat Kesehatan Secara Online
Alat kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting karena memiliki peran yang begitu besar dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian, maka banyak ... ...



Klinik Hemodialisa untuk Cuci Darah

Rated: , 0 Comments
Total hits: 1025
Posted on: 09/28/18

Gagal ginjal adalah suatu kondisi di mana ginjal mengalami penurunan fungsi secara drastis dari fungsi normalnya. Penurunan fungsi ini membuat ginjal tak dapat menjalankan fungsinya yang sangat vital bagi tubuh manusia. Salah satu fungsi vital tersebut adalah mengeluarkan zat sisa metabolisme dalam bentuk urin.


Jika ginjal mengalami penurunan fungsi yang drastis, zat sisa metabolisme akan menumpuk di dalam darah. Hal ini sangat berbahaya karena dapat berubah menjadi racun bagi tubuh manusia. Oleh karena itu pasien klinik gagal ginjal perlu mendatangi klinik hemodialisa untuk cuci darah.

Cuci darah di klinik hemodialisa dilakukan dengan bantuan mesin dialiser. Mesin ini diibaratkan seperti ginjal buatan yang berfungsi menyaring darah manusia dari zat zat yang tidak lagi diperlukan. Dialiser terdiri dari 2 kompartemen, keduanya dipisahkan oleh selaput tipis. Kompartemen yang pertama nantinya akan diisi oleh darah pasien. Sementara kompartemen lainnya akan diisi menggunakan dialisat, yakni cairan yang sangat mirip dengan cairan alami di dalam tubuh manusia.

Hal pertama yang dilakukan di klinik hemodialisa untuk cuci darah adalah membuat pembuluh arteri dan vena buatan untuk mengalirkan darah dari dan ke dalam tubuh pasien. Pertama, darah akan dikeluarkan dari tubuh dan dialirkan ke salah satu kompartemen dialiser.

Zat zat tak berguna dalam darah akan mampu menembus selaput tipis di antara 2 kompartemen, sehingga akan mengalir bersama dialisat. Sementara darah sehat tepat tertinggal di kompartemennya. Darah yang sudah terbebas dari zat tak berguna inilah yang kemudian akan dialirkan ke dalam tubuh pasien. Sedangkan darah yang mengendap akan dibuang menggunakan mesin khusus ini.

Saat ini sudah banyak Renamedika klinik hemodialisa untuk cuci darah yang tersedia di seluruh wilayah Indonesia yang siap melayani seluruh pasien cuci darah. RenaMedika adalah salah satunya. Klinik hemodialisa yang berada di Jakarta ini siap memberikan pelayanan terbaiknya bagi pasien cuci darah. Tersedia beberapa kelas kamar yang dapat dipilh oleh pasien. Selain itu, klinik ini juga memiliki layanan konsultasi dan edukasi CAPD.


Comments
There are still no comments posted ...
Rate and post your comment


Login


Username:
Password:

forgotten password?